Day 149 – Yesaya 62-66

Yesaya 62:1-12 – Keselamatan akan datang segera

yesaya62

Berbagai julukan bagi Sion seperti: “yang ditinggalkan suami” dan “yang sunyi” akan segera ditanggalkan dan diganti dengan nama baru: “yang berkenan kepada-Ku” sebab Tuhan telah berkenan kepada umat-Nya dan sebutan “yang bersuami” sebab Tuhan adalah mempelai laki-laki bagi umat-Nya.

Dalam peran dan arti baru ini Sion perlu membuka pintu-pintu gerbang dan menyediakan jalan yang mulus, agar banyak orang masuk ke dalamnya. Mereka yang datang dan masuk ke dalamnya akan disebut “bangsa kudus” atau “orang-orang tebusan Tuhan.” Umat-Nya yang kembali mengalami keselamatan akan menjadi kesaksian bagi bangsa-bangsa lain, sehingga mereka menyaksikan kemuliaan dan keagungan Tuhan.

Nama dan status baru. Syukur kepada Tuhan, demikianlah respons umat atas anugerah keselamatan dari TUHAN — keselamatan telah menempatkan umat pada kedudukan yang layak dan wajar karena diberikan hak menyandang nama dan status baru. Dulu mereka adalah umat buangan yang sekian lama ditindas, ditekan, dan direndahkan; kini mereka adalah umat yang dipulihkan, diselamatkan, dipelihara, dilindungi dan dikuduskan Tuhan.


Yesaya 63:10 Mendukakan Roh Kudus

yesaya63
Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. (Yesaya 63:10)

“Mendukakan” mengemukakan pelanggaran terhadap kasih Roh Kudus dan pemberontakan terhadap jalan-jalan-Nya. Roh Kudus adalah oknum ilahi yang dapat dilukai dan didukakan (bd. Ef 4:30). “Kudus” mengacu kepada kekudusan yang agung dan kemurnian-Nya yang tak bercacat. Roh Kudus telah diberikan kepada semua orang percaya untuk menuntun mereka kepada kasih karunia, penyataan, kuasa, kasih, kehadiran, bimbingan, dan kekudusan TUHAN.


Yesaya 64:4 ORANG YANG MENANTI-NANTIKAN DIA.
yesaya64

Tuhan berjanji untuk melakukan perkara-perkara besar bagi mereka yang menantikan DIA. TUHAN dapat turun tangan dalam peristiwa-peristiwa sejarah umat manusia sehingga menyebabkan orang melakukan kehendak-Nya. Orang percaya harus memandang kepada-NYA dan bertekun dalam pengharapan, kepercayaan, dan kesabaran.


Yesaya 65:1-7 – ORANG YANG TIDAK MENCARI AKU.

yesaya65
Dalam ayat-ayat ini Allah menanggapi doa Yesaya dengan menerangkan imbauan-Nya yang terus-menerus kepada bangsa pemberontak untuk kembali kepada-Nya. Karena kejahatan mereka, Allah akan menghajar mereka dengan hukuman (ayat Yes 65:6-7), sebagian besar terlaksana melalui serbuan pasukan Asyur (pasal Yes 1:1-37:38) dan pembuangan di Babel (pasal Yes 38:1-66:24).


Yesaya  66:2 –ORANG INILAH AKU MEMANDANG.

yesaya66

Allah tidak terkesan dengan kemegahan gedung yang dibuat manusia bagi-Nya, tetapi Ia senang akan orang tertentu (ayat Yes 66:1-2) — orang yang rendah hati, yang sadar akan kebutuhan mereka untuk bantuan dan kasih karunia-Nya yang terus-menerus, dan yang berusaha mengikuti firman-Nya dengan sepenuh hati.